PARTNER
 
LINK LUAR
IBI
PATELKI
PPGI
IAKI SUMUT
PPNI
PERSAGI
HAKLI
PAFI
Pelatihan Dan Pembinaan Administrasi Keuangan Politeknik Kesehatan Kemenkes Medan Tahun 2013
30 Mei 2013

 

Pelatihan Dan Pembinaan Administrasi Keuangan
Politeknik Kesehatan Kemenkes Medan Tahun 2013

Urusan Keuangan Politeknik Kesehatan Kemenkes Medan menyelenggarakan Pelatihan dan Pembinaan Keuangan yang dilaksanakan pada tanggal 22 s.d 24 Mei 2013 bertempat di Hotel Niagara Parapat. Acara pelatihan ini diikuti oleh 65 orang yang terdiri dari Direksi, Kasubbag Adum, Kasubbag Adak, Kaur/Ka Unit, staf Urusan Keuangan, Kajur/ Ka Prodi, Sekjur/Sek Prodi dan Pembantu Bendahara Pengeluaran Jurusan/Prodi.

Pelatihan dan Pembinaan Keuangan dibuka pada pukul 20.00  Wib oleh Ibu Direktur Poltekkes Kemenkes Medan dan didampingi oleh Ibu Pudir I, Ibu Pudir II dan Bapak Pudir III. Pada hari pertama menyajikan materi Pengawasan Internal dan sebagai nara sumber adalah Kepala Unit Satuan Pengawas Internal (SPI) Drs Djamidin Manurung, Apt. Pada kesempatan itu Kepala Unit SPI menyampaikan bahwa SPI adalah perpanjangan tangan Direktur dalam pengawasan internal di lingkungan Politeknik Kesehatan Medan. Bapak Djamidin juga menjelaskan bahwa SPI melakukan pemeriksaan bukan bertujuan untuk mencari-cari kesalahan, tetapi mengidentifikasi kesalahan/ kelemahan untuk dievaluasi dan dikoreksi untuk perbaikan sesuai dengan peraturan yang berlaku.
Pada hari kedua pelatihan membahas materi pajak dengan nara sumber dari Kantor Perpajakan. Nara sumber menjelaskan jenis-jenis pajak yang berlaku sesuai dengan undang-undang perpajakan seperti pajak penghasilan dan pajak pertambahan nilai.
Setelah isoma, acara dilanjutkan dengan pembahasan tentang pembukuan keuangan. Nara sumber menjelaskan cara mudah membukukan kuangan, baik uang masuk maupun uang keluar. Dengan memberikan contoh transaksi penerimaan dan pengeluaran uang di Jurusan/Prodi, dilakukan pembukuan dengan melibatkan semua peserta. Setelah peserta memahami cara pembukuan keuangan, nara sumber memberi tugas membukukan transaksi keuangan kepada peserta khusunya pembantu bendahara pengeluaran Jurusan/Prodi.
Karena telah selesai semua pembahasan tentang administrasi keuangan, maka pada hari ketiga tidak ada lagi pembahasan. Penutupan acara Pelatihan dan Pembinaan Administrasi Keuangan ditutup secara resmi oleh Direktur Poltekkes kemenkes Medan yang diwakili oleh Ibu Pudir III Dra. Hj. Ida Nurhayati, M.Kes.
[ - ]

<< Index Berita