PARTNER
 
LINK LUAR
IBI
PATELKI
PPGI
IAKI SUMUT
PPNI
PERSAGI
HAKLI
PAFI
CAPING DAY JURUSAN KEPERAWATAN POLTEKKES KEMENKES MEDAN TAHUN AJARAN 2014-2015
10 Pebruari 2015

 

CAPING DAY JURUSAN KEPERAWATAN POLTEKKES KEMENKES MEDAN TAHUN AJARAN 2014-2015

 

Perawat adalah ujung tombak dan garda terdepan dalam pelayanan kesehatan untuk semua golongan usia  .Pada tanggal 07 Pebruari 2015  Jurusan Keperawatan  sebagai salah satu Jurusan yang ada dilingkunganPoltekkes Kemenkes Medan yang nantinya akan menghasilkan Perawat-perawat yang professional mengadakan Acara peresmian pemasangan cap (capping day) bagi para mahasiswanya.Acara Caping Day ini langsung dihadiri oleh Direktur , para Wakil Direktur dan undangan dari jajaran Pemerintahan dan Kedinasan terkait.
Caping day adalah titik awal dari sebuah pelayanan, awal dari sebuah karir dan merupakan awal dari perjalanan hidup yang sesungguhnya. Melalui caping day inilah mahasiswa akan diangkat janji dan disematkan tanda bahwa mereka sudah siap terjun dalam dunia keperawatan  untuk mengabdi kepada mayarakat dengan profesionalitas yang telah dibangun sejak menjadi mahasiswa. Capping day dilaksanakan sebagai awal bagi para mahasiswa jurusan keperawatan  untuk memperoleh pengalaman lapangan diberbagai lembaga kesehatan baik rumah sakit, klinik, rumah bersalin dll.
Pada acara Capping day dipasangkan cap sebagai symbol bahwa para mahasiswa telah siap untuk mengabdikan diri pada dunia kesehatan seperti halnya jaket putih yang dikenakan dokter ataupu baret merah untuk marinir. Simbol akan terasa berat bagi pemula tetapi symbol memiliki arti untuk mebangun motivasi positif dan dorongan untuk menjadi sesuatu yang diharapkan. Pada acara tersebut tidak hanya mahasiswa yang ada dalam ruangan namun orang tua ikut dihadirkan. Prosesi ini diharapkan mampu membentuk semangat dan kepribadian mahasiswa secara mental dan spiritual dalam rangka mempersiapkan diri untuk mencapai kompetensi mahasiswa perawat  pada lahan praktik yang lebih nyata sehingga mahasiswa mampu memberikan asuhan keperawatan  pada klien dengan baik.
Acara Caping Day bertujuan sebagai bentuk pengukuhan mahasiswa untuk memasuki tahap selanjutnya yaitu praktik klinik setelah selesai mengikuti proses peembelajaran di kelas dan laboratorium  yang bermamfaat untuk  mempersiapkan dan memberikan bekal mental mahasiswa untuk mengenal situasi lahan praktek , memberikan dorongan dan kesadaran kepada mahasiswa agar dalam melaksanakan kegiatan praktik menunjukkan sikap dan ketrampilan yang baik  serta  Memberikan motivasi kepada mahasiswauntuk mengenali tugas dan tanggung jawab sebagai calon tenaga kesehatan.
Jumlah mahasiswa yang Caping Day tahun ajaran 2014/2015 ini adalah sebanyak 109 orang mahasiswa yang terdiri dari 23 mahasiswa laki-laki dan 86 orang mahasiswa perempuan yang dibagi 3 kelas yaitu kelas A = 37 orang, B = 36 orang dan kelas C=36 orang.
Tempat pelaksanaan Tempat pelaksanaan adalah Aula Poltekkes Kemenkes Medan.Kepanitian  dalam acara Caping Day berasal terdiri atas panitia penanggung jawab,coordinator,ketua   pelaksana dan beberapa seksi-seks. Biaya Acara Pembiayaan acara Caping Day bersumber dari DIPA Poltekkes Kemenkes Medan

[Nurlama - KP]

<< Index Berita