PARTNER
 
LINK LUAR
IBI
PATELKI
PPGI
IAKI SUMUT
PPNI
PERSAGI
HAKLI
PAFI
SEMINAR JURUSAN GIZI
29 September 2015

 

Kegiatan seminar merupakan kegiatan yang dilakukan secara continue dan berkesinambungan. Kegiatan Seminar Gizi ini dilaksanakan di Aula POLTEKKES Medan pada tanggal 28 September 2015. Adapun tujuannya dilakukan seminar bagi DOSEN merupakan penerapan dari Tri Darma Perguruan Tinggi. Bagi mahasiswa kesehatan pada umumnya serta mahasiswa gizi khususnya kegiatan ini dapat menambah khasanah keilmuan dibidang kesehatan dan gizi. Harapannya mahasiswa gizi serta anggota PERSAGI SUMUT selalu mengupdate ilmunya sehingga profesi gizi tidak ketinggalan dibidang ilmu pengetahuan dan kesehatan serta gizi. Himbauan ini disampaikan oleh Ketua Pelaksana GINTA SIAHAAN, DCN, M.KES pada saat acara melaporkan hasil kegiatan .Seminar dijurusan gizi minimal diadakan 3 kali setahun baik bersifat regional maupun Nasional. Acara ini juga di apresiasi oleh Ketua Jurusan Gizi Ibu BERNIKE DOLOKSARIBU, SST, M.KES serta Ketua PERSAGI SUMUT Bapak EFENDI S NAINGGOLAN, SKM, M.KES. Kegiatan seminar yang berjudul Obesitas Serta Epeginetik dengan Kejadian Kanker Serviks Berkaitan dengan Virus HPV dibuka oleh Ibu Direktur POLTEKKES KEMENKES Medan DRA. IDA NURHAYATI, M.KES. Seminar ini diisi oleh pembicara-pembicara dari Medan dan Jakarta.

DR. SANTA MARTHA, SPOG mengemukakan bahwa obesitas merupakan factor predisposisi seorang wanita akan lebih mudah mengalami Cancer Cerviks. Dimana kelebihan lemak menyebabkan rentan terhadap rendahnya imunitas seseorang sehingga virus HPV lebih mudah menginfeksi sesorang.

IRA WIBOWO seorang artis film yang merupakan Grand Ambassador Ca Cerviks yang menekankan pentingnya pemeriksaan dini dengan pemeriksaan Pap Smear bagi wanita yang sudah melakukan hubungan suami istri karena penyakit kanker ini merenggut nyawa wanita nomor 2 setelah Ca Mamae. Diharapkan kaum wanita menjadi duta duta untuk berperang mengurangi resiko Ca Cerviks.

RITA RAMAYULIS, DCN, M.KES seorang Ahli Gizi dari Jakarta yang memperkenalkan DIET REST yang mudah dilaksanakan karena mengikuti kebisaan pola makan dari clien yang melaksanakan dit tersebut. Diet REST ini diharapkan mampu mencegah terjadinya Obesitas yang merupakan predictor terjadinya penyakit kanker secara umum serta penyakit kanker serviks secara khusus.

Acara seminar diikuti 850 peserta yang berasal dari kalangan Dosen Jurusan Gizi, Dosen-dosen POLTEKKES Medan, Anggota PERSAGI SUMUT, Mahasiswa Kesehatan Swasta serta Mahasiswa Gizi sebagai tuan rumah. Acara ini berlangsung sukses dan meriah, yang diselingi acara hiburan tarian dan musik persembahan dari Mahasiswa Jurusan Gizi POLTEKKES Medan.

[Ginta - GZ]

<< Index Berita