PARTNER
 
LINK LUAR
IBI
PATELKI
PPGI
IAKI SUMUT
PPNI
PERSAGI
HAKLI
PAFI
SIPENMARU 2015
17 September 2015

 

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (Sipenmaru) adalah suatu proses perekrutan mahasiswa yang dilakukan oleh suatu institusi pendidikan. Politeknik Kesehatan Kemenkes Medan sesuai dengan keputusan Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Kesehatan Kemenkes Medan Tahun 2015. Melaksanakan kegiatan penerimaan mahasiswa baru untuk 7 (tujuh) jurusan/prodi yang ada di Politeknik Kesehatan Kemenkes Medan yang bertujuan untuk mendapatkan calon Mahasiswa yang berkualitas sesuai dengan alokasi yang telah ditetapkan.

Sistem perekrutan atau penerimaan mahasiswa baru dilakukan dengan dua tahapan yaitu melaului jalur undangan (PMDP) ke sekolah-sekolah SMA, MAN, Sekolah Kesehatan sederajat dan melalui jalur reguler yaitu mengikuti pelaksanaan ujian seleksi penerimaan mahasiswa baru.

Untuk penerimaan jalur undangan (PMDP) tahun ini diikuti sebanyak 287 peserta yang terdiri dari berbagai sekolah SMA, MAN, Sekolah Kesehatan Negeri sederajat yang ada di Sumatera Utara.

Sedangkan untuk jalur penerimaan seleksi mahasiswa baru jalur reguler dilaksanakan dengan 4 gelombang penerimaan dimana gelombang I diikuti sebanyak 2009 peserta, gelombang II 717 peserta, gelombang III 34 peserta dan gelombang IV 12 peserta.

Pada bulan Mei 2015 dilaksanakan rapat senat untuk menentukan kelulusan peserta jalur undangan (PMDP) yang dipimpin langsung oleh Ketua Senat Poltekkes Kemenkes Medan yaitu Direktur Poltekkes Kemenkes Medan dengan hasil sebanyak 107 peserta dinyatakan lulus untuk semua jurusan/prodi yang ada.

Pada tanggal 24 Juni 2015 Politeknik Kesehatan Kemenkes Medan melaksanakan ujian seleksi penerimaan mahasiswa baru gelombang I disemua jurusan/prodi, tanggal 28 Juni 2015 gelombang II dilaksanakan di jurusan/prodi kecuali Analis kesehatan dan farmasi, tanggal 3 Juli gelombang III dilaksanakan ujian untuk prodi kebidanan Pematangsiantar dan prodi kebidanan Padangsidimpuan dan 12 Agustus 2015 juga dilaksanakan di prodi kebidanan Pematangsiantar dan prodi kebidanan Padangsidimpuan. Dari keseluruhan kegiatan pelaksanaan Sipenmaru dari mulai gelombang I hingga IV Politeknik Kesehatan Kemenkes Medan menerima mahasiswa yang telah lulus mengikuti seleksi sebanyak 1057 orang dengan rincian untuk Diploma III sebanyak 869 orang dan Diploma IV sebanyak 188 orang.

Pelaksanaan Sipenmaru Politeknik Kesehatan Kemenkes Medan Tahun 2015 berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan baik secara teknis maupun operasional.

[Gemin - DIR]

<< Index Berita