PARTNER
 
LINK LUAR
IBI
PATELKI
PPGI
IAKI SUMUT
PPNI
PERSAGI
HAKLI
PAFI
PELAYANAN KB
30 Nopember 2015

 

Dalam rangkaian pelaksananan Praktek Kerja Lapangan Mahasiswa Prodi Kebidanan Medan, dilakukan pemberian pelayanan KB Gratis kepada Masyarakat Desa Tanjung Anom di Puskesmas Pembantu Tanjung Anom Kecamatan Pancur Batu. Pelayanan KB Gratis yang diberikan berupa pemasangan Implan.

Sebelum dilakukan pemasangan implant terlebih dahulu dilakukan penapisan dan pemeriksaan fisik. Sebanyak kurang lebih 20 orang ibu – ibu mengikuti kegiatan tersebut. Pelayanan dilakukan oleh mahasiswa dengan dibawah pengawasan dosen dan bidan-bidan yang bertugas dii Puskesmas Pembantu tersebut.

Pemasangan implant secara gratis dilakukan untuk menarik minat masyarakat dalam mengikuti program Keluarga Berencana yang kembali digalakkan oleh pemerintah. Alat KB berjenis implan memiliki efektivitasnya bisa mencapai tiga tahun. Implan dipasang di lapisan bawah kulit pada lengan. Implan merupakan salah satu alat kontrasepsi unggulan dari program KB Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Saat ini BKKBN tengah menerapkan Metode Kontrasepsi Jangka P anjang (MKJP) karena dinilai jauh lebih efektif.

[Humaira - KBD]

<< Index Berita