PARTNER
 
LINK LUAR
IBI
PATELKI
PPGI
IAKI SUMUT
PPNI
PERSAGI
HAKLI
PAFI
SEMINAR NASIONAL - Pengendalian Binatang Pengganggu dan Pencemaran Pestisida
20 Nopember 2015

 

Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Medan mengadakan Seminar Nasional Pengendalian Vektor / Binatang Pengganggu dan Minimalisasi Pencemaran Pestisida yang bertempat di Aula Jurusan Kesehatan Lingkungan (KESLING) Jalan Selamat Ketaren Kabanjahe Tanah Karo, Kamis , 19 Nopember 2015 dimulai pukul 09.00 Wib. Peserta seminar nasional tersebut dihadiri dari civitas akademika, masyarakat, Instansi pemerintah dan swasta.

Pada kesempatan ini Ketua Jurusan Kesehatan Lingkungan Erba Kalto Manik, SKM, M.Sc dalam sambutannya mengatakan, “Adapun tujuan dilaksanakannya seminar ini adalah, untuk meningkatkan wawasan terhadap ilmu pengetahuan dalam upaya pengendalian vector penyakit dan binatang pengganggu serta mengurangi dampak dari pencemaran Pestisida dari bidang pertanian, industri, pertokoan dan kios penjual pestisida, dan tentunya juga untuk mewujudkan lingkungan yang lebih sehat, ini juga adalah sebagian dari Tema seminar kita”, ungkapnya.

Disamping itu, beliau juga menyampaikan bahwa Kabupaten Karo adalah salah satu daerah yang penduduknya mayoritas bergelut dibidang pertanian, dan sebagian besar juga menggunakan pestisida untuk bercocok tanam, sehingga perlu mendapatkan pencerahan tentang pengendalian vector dan penggunaan pestisida yang benar dan penggunaan alat pengaman diri dalam melakukan kegiatannya tersebut.

Ditambahkan lagi, dampak penggunaan pestisida pada lingkungan telah banyak diteliti, namun yang utama adalah dampak langsungnya terhadap manusia. Meskipun dampak terhadap manusia kurang disadari dan berlangsung lama, namun banyak ahli menyatakan bahwa pencemaran lingkungan yang salah satunya adalah akibat penggunaan pestisida yang tak terkendali menyebabkan gangguan kesehatan bagi manusia. Pada bulan November 2013, Presiden Organisasi Alergi Dunia (WAO) mengatakan bahwa prevalensi kasus alergi seperti asma dan rhinitic atopic meningkat dalam beberapa decade terakhir, hal tersebut tidak lepas dari factor lingkungan yakni polusi dari rokok, pestisida, serta berkurangnya mikrobiota alami yang dibutuhkan tubuh, akhirnya.

Seminar nasional Pengendalian Vektor / Binatang Pengganggu dan Minimalisasi Pencemaran Pestisida mendatangkan narasumber / pembicara seorang medical entomologist dan guest lecturer in vector / pest control in faculty of public health (FKM) University of Indonesia Drs. ZB Bahang Luhulima MS. Selain itu juga menghadirkan narasumber dari Seksi penyehatan lingkungan dan tempat tempat umum Dinas Kesehatan Kab Karo.

Selain civitas Akademika Jurusan Kesehatan Lingkungan, undangan peserta seminar juga dihadiri Dinas Kesehatan dari Nias Gunung Sitoli, Kediri Sulawesi, Tanjung Morawa, Asahan dan kota lainnya.

[Restu - KL]

<< Index Berita