Berita

ASSESMENT PESERTA REKOGNISI PEMBELAJARAN LAMPAU (RPL) PROGRAM STUDI KEBIDANAN PEMATANGSIANTAR

Kegiatan Asesment peserta Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Program Studi Kebidanan Pematangsiantar telah dilakukan. Kegiatan Asesment merupakan penilaian pengakuan kompetensi peserta RPL agar dapat diakui pada jenjang kualifikasi pendidikan formal sesuai UU No. 36 tahun 2014 tentang tenaga kesehatan.

Program RPL sendiri adalah kebijakan pemerintah pada bidang kesehatan, khususnya penyediaan tenaga kesehatan yang memiliki kualifikasi Pendidikan Diploma bidang kesehatan. Sejak beberapa tahun silam di Indonesia telah bekerja sebagai tenaga teknis/analis ahli bidang kesehatan yang memiliki kompetensi tertentu namun masih berpendidikan menengah atau Diploma satu.

RPL Program Studi Kebidanan Pematangsiantar dilaksanakan sebagai alih kredit dan pembebasan kredit mata kuliah melalui Asesment dan Rekognisi. Asesment RPL tahun 2018 dilaksanakan selama dua minggu, mulai 25 Juli 10 Agustus 2018 di kampus Program Studi Kebidanan Pematangsiantar dan Dinas Kesehatan asal peserta RPL. Peserta RPL tahun 2018 ini merupakan tenaga bidan dari Puskesmas sekitar Kota Pematangsiantar, yaitu berasal dari Kabupaten Dairi, Kabupaten Simalungun, dan Kota Pematangsiantar, sejumlah 59 orang.

Hasil asesment yang disampaikan Asesor sudah merupakan rekap keputusan 3 Asesor berupa rekomendasi pembebasan mata kuliah yang akan ditempuh. Adapun penilaian Asesment RPL tahun ini diperoleh dari 59 peserta RPL, seluruh peserta lulus mata kuliah Kesehatan Masyarakat, Promosi Kesehatan; mata kuliah Asuhan Kebidanan Kehamilan lulus 7 orang’ mata kuliah Asuhan Kebidanan Nifas lulus 5 orang; Asuhan Kebidanan pada Neonatus, bayi dan balita lulus 9 orang; mata kuliah Pelayanan KB dan Kespro lulus 1 orang; mata kuliah Asuhan Kebidanan Komunitas lulus 15 orang